Sejarah Awal Berdirinya Band Funky Kopral

Sejarah Awal Berdirinya Band Funky Kopral ~ Funky Kopral merupakan band bentukan Bondan Prakoso dan kawan-kawan. Awalnya band yang terbentuk pada 1 Desember 1998 ini beranggotakan Anggara Mulia (vokal), Bondan Prakoso (bass & vokal), Oncy (gitar), Kristo Perwiro (gitar), dan Robby (drum).


Album pertama yang berhasil mereka rilis berjudul "Funchopat" pada tahun 1999 berhasil mendapat simpati dari penikmat musik tanah air. Di bawah naungan label Universal Music Indonesia, album ini berhasil terjual hingga 100.000 kopi. Tetapi sayang selepas album ini Kristo Perwira keluar dari band ini.

Berselang setahun kemudian, Funky Kopral kembali merilis album baru. Album kedua mereka ini bertajuk "Funkadelic Rhythm and Distortion". Album ini berisikan 11 lagu dan menandakan sebagai album terakhir dari Oncy yang memutuskan untuk keluar dari Funky Kopral. Yang lalu kemudian, Oncy bergabung bersama band Ungu. Baca Sejarah Awal Berdirinya Band Ungu

Keluarnya Oncy, membuat personel lainnya memutar otak untuk mencari penggantinya. Mereka tertarik pada Iman Taufik Rachman untuk mengisi posisi gitar yang kosong, hal ini di amini pula oleh Iman yang resmi bergabung. Tetapi di tahun 2006, Iman keluar mengikuti Bondan yang terlebih dahulu memutuskan untuk membentuk band baru sehabis masa rehat mereka selama 2 tahun. Tetapi formasi yang pincang ini tak berlangsung lama, karena posisi yang kosong itu diisi oleh Echank pada gitar dan Ilham mengisi posisi yang tinggalkan oleh Bondan.

"Lembaran Baru" menjadi album ketiga mereka sekaligus perkenalan formasi baru. Pada album ini, Funky Kopral menjagokan "Mawarku" sebagai lagu utamanya diantara 9 lagu lainnya. Tetapi sekali lagi sayang formasi baru ini tak berlangsung lama, Echank yang baru masuk memutuskan untuk keluar menemani Anggara Mulia sang vokalis yang mengundurkan diri di saat band ini mempromosikan album baru di pasaran.

Di tahun 2008 anggota baru masuk menggantikan posisi yang ditinggalkan oleh Echank dan Anggara. Kedua orang tersebut ialah Hendry (vokal) dan Iqbal (gitar), kedua orang ini terpilih setelah melakukan audisi yang cukup lama. Selepas lengkap sudah personel, lalu mereka mengeluarkan album baru di tahun 2010, album bertajuk sama dengan nama band mereka. Lagu utama pada album ini berjudul "Soul Brother Number One".

Band ini kembali dirundung sedih, karena Iqbal yang baru masuk juga memutuskan untuk keluar dengan alasan kesibukan di luar aktivitas bermusik. Lalu masuklah Audio Asyofa sebagai gitaris baru dalam album kelima mereka yang bertajuk "Street Funk" di tahun 2013. Album ini memiliki 9 buah lagu dan "Jakarta" sebagai lagu utamanya. Kabar duka datang setelah 3 bulan mengeluarkan album baru, Sang Bassist, Ilham meninggal dunia karena akibat penyakit tifus yang dideritanya.

Album Funky Kopral “Funchopat”

  1. Depresi
  2. Funchopat
  3. Cassanova
  4. Suntuk
  5. Psycho
  6. Pesta Funky
  7. Burn The Liar
  8. Masa Depan Lalu
  9. Birokrasi
  10. Error
  11. Malam

Album Funky Kopral “Funkadelic Rhythm and Distortion”

  1. Pak Tua
  2. Usai
  3. Lelah
  4. Stay Out Of This
  5. Bagian Yang Hilang
  6. Super Funk
  7. Lagu Buat Fans
  8. Drop Dead Down (Ft. DJ "Kebot", Aryo "S.O.G", Ombat "Tengkorak")
  9. Sunyi Bernyanyi
  10. Funk You
  11. Ngayal 

Album Funky Kopral “Lembaran Baru”

  1. Funchopat 2
  2. Mawarku
  3. Cinta Suci
  4. Yang Pertama
  5. Hasrat dan Cinta
  6. Lembaran Baru
  7. Khayalan Cinta
  8. Pembunuh Sepi
  9. Yang Terbaik
  10. Periku

Album Funky Kopral “Funky Kopral”

  1. Soul Brother Number One
  2. Dinda
  3. Ego Hati
  4. Sepi Tanpamu
  5. Bullshit
  6. Bukan Hidupku
  7. Pergilah
  8. Funky Party
  9. Get Ready To Be Funk
  10. Mencari Arti
  11. Mawarku

Album Funky Kopral “Street Funk”

  1. Bom
  2. Jakarta
  3. Street Funk (Funchopat 3)
  4. Kita
  5. Untuk Semua
  6. Bidadari
  7. Lepas Bebas
  8. Funk Strip
  9. Berantakan
Referensi Saya :
https://id.wikipedia.org/wiki/Funky_Kopral
loading...
Kamu sedang membaca artikel tentang Sejarah Awal Berdirinya Band Funky Kopral Silahkan baca artikel Awal Berdirinya Band Tentang Yang lainnya. Kamu boleh menyebar Luaskan atau MengCopy-Paste Artikel ini, Tapi jangan lupa untuk meletakkan Link Sejarah Awal Berdirinya Band Funky Kopral Sebagai sumbernya

0 Response to "Sejarah Awal Berdirinya Band Funky Kopral"

Post a Comment